Blog yang menjelaskan berbagai hal mengenai Ebook, Teknologi, Info Jurusan dan lain - lain dari berbagai sumber.

Kamis, 22 September 2016

Jurusan Hospitality (Pariwisata) dan Perhotelan Beserta Prospek Kerjanya



Assalamualaikum wr.wb

Baiklah, jumpa lagi dengan ketikan artikel saya kali ini. Diartikel kali ini saya ingin berbagi sedikit refrensi bagi pembaca sekalian, yang mungkin belum pernah pembaca sangka - sangka sebelumnya. Refrensi yang ingin saya bagikan masih dalam seputaran dunia perkuliahan. Yaitu Jurusan Hospitality (Pariwisata) dan Perhotelan.

Pendidikan pariwisata memang dapat dikatakan masih sangat baru di Indonesia. saya dan pembaca dapat memaklumi hal ini, mengingat ilmu pariwisata baru diakui secara resmi sebagai ilmu mandiri pada tahun 2008. Jauh sangat baru dibandingkan dengan ilmu-ilmu lainnya. Bahkan lulusan pendidikan pariwisata di Indonesia masih terbilang sedikit.


Jurusan ini menerapkan program pendidikan pariwisata yang berbasis keilmuan, hingga pengambilan keputusan mengenai kebijakan pariwisata. Fokus keilmuan yang dipelajari pada jurusan hospitality adalah pendidikan ataupun pengetahuan dalam hal manajemen pariwisata dan keakomodasian pada umumnya. Karena sifatnya keilmuan, maka pembaca yang lulus dari studynya dijurusan ini akan menyandang gelar Sarjana Pariwisata (S.Par).


Prospek kerja Jurusan Hospitality 



Bagi pembaca yang mengambil jurusan ini ketika lulus dari jurusan hospitality, dapat bekerja di bidang industri pariwisata, pemerintahan, peneliti, konsultan pariwisata, dan dosen/guru yang professional dalam bidang pariwisata.


Jurusan perhotelan dan adiministrasi 


Jurusan perhotelan dan adiministrasi hotel merupakan jurusan yang memiliki kemiripan dari segi program pendidikannya yang bersifat vokasi. Namun, perbedaan kedua jurusan ini terletak pada jenjangnya.


Jurusan perhotelan merupakan jurusan dengan jenajng pendidikan diploma 3 (D3) sehingga gelar lulusannya adalah Ahli Madya Pariwisata (A. Md. Par), sementara jurusan administrasi hotel memiliki program pendidikan jenjang diploma 4 (D4) sehingga gelar lulusannya adalah Sarjana Sain Terapan Pariwisata (S.ST. Par).



Prospek kerja jurusan perhotelan dan administrasi


Dalam hal prospek kerja, kedua jurusan ini sama seperti namanya tentu akan lebih profesional bekerja pada bidang industri perhotelan. Namun, tidak menutup kemungkinan bagi pembaca yang telah lulus dari jurusan perhotelan maupun administrasi hotel dapat bekerja dengan profesional pada bidang usaha Restaurant & bar, Caf̩, Catering, Laundry, Bakery dan sebagainya. Disamping itu, juga untuk memenuhi kebutuhan tenaga pengajar Dosen/Guru praktisi dibidang pariwisata dan bidang Pemerintahan РPariwisata.


Demikian artikel saya kali ini semoga dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian, dan jangan lupa untuk mengingat alamat blog ini.Terimakasih.

Wassalamualaikum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar

Text Widget

Copyright © Ilmu Pengetahuan | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com