Blog yang menjelaskan berbagai hal mengenai Ebook, Teknologi, Info Jurusan dan lain - lain dari berbagai sumber.

Selasa, 20 September 2016

Apa itu Jurusan Instrumentasi dan Prospek Kerjanya?



Assalamualaikum wr.wb

Hai pembaca, kali ini dan diblog ini saya ingin sedikit berbagi pengetahuan yang mungkin masih banyak dari pembaca yang belum mengetahuinya. Yaitu diseputaran bidang teknologi, yang saya maksud adalah Instumentasi. Instrumentasi adalah alat-alat dan piranti (device) yang dipakai untuk pengukuran dan pengendalian dalam suatu sistem yang lebih besar dan lebih kompleks. Instrumentasi bisa berarti alat untuk menghasilkan efek suara, seperti pada instrumen musik misalnya, namun secara umum instrumentasi mempunyai 3 fungsi utama:

  • sebagai alat pengukuran
  • sebagai alat analisis, dan
  • sebagai alat kendali.

Sebagai contoh dari aplikasi dari sistem instrumentasi di dalam kehidupan sehari-hari yang saya ambil dari salah satu web adalah seperti pemasangan saklar pelampung pada tangki air. Di dalam tangki penampungan dipasang saklar yang berpelampung, apabila air penuh sesuai dengan ketinggian yang diinginkan, maka pelampung tersebut akan mengubah kondisi saklar, dan saklar akan memutuskan aliran listrik ke pompa air. Apabila ketinggian air di dalam tangki telah turun sampai kepada ketingian yang telah ditentukan, maka pelampung akan mengubah kondisi saklar lagi, dan pompa airpun kembali mendapat pasokan listrik dan airpun akan bertambah kembali. Demikian seterusnya.




Bagi pembaca yang menyukai Robot, IT, atau lainnya yang berbau elektronika atau teknologi, menurut saya cocok untuk mengambil jurusan ini. Program studi Elektronika dan Instrumentasi adalah program studi yang mempelajari tentang segala hal yang behubungan dengan elektronika, komputasi, dan teknologi. Program studi ini sendiri berada di bawah Fakultas MIPA (Matimatika dan Ilmu Pengetahuan Alam) sehingga setelah pembaca lulus pembaca sekalian akan menyandang gelar Sarjana Sains S.Si.

Materi yang dipelajari dijurusan Instrumentasi

Selama masa perkuliahan, pembaca akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti : Konsep Fisika, Teknologi Informasi Kontemporer, Untai Listrik, Kalkulus, Elektronika Analog, Instrumentasi, Sains Manajemen, Sistem Kontrol, dan lain sebagainya.

Tempat Kuliah Jurusan Instrumentasi

Yang saya tahu Jurusan instrumentasi ada di AMG, ITB, UI dan Universitas Brawijaya, Di BMKG Instrumentasi tergabung dalam satu deputi tersendiri.

Prospek kerja dari lulusan Elektronika dan Instrumentasi :

Bagi pembaca yang telah Lulus dari program studinya di jurusan ini dapat bekerja di : 
  1. lembaga pemerintah (Kementrian Ristek dan Depdiknas).
  2. BUMN (Pertamina, PLN, PINDAD, Telkom, dan PN Gas).
  3. serta perusahaan multinasional bidang Teknologi Informasi.
Sekian artikel saya kali ini, mohon maaf apabila ada kesalahan, dan mudah - mudahan pengetahuan yang ada pada artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Wassalamualaikum wr.wb

4 komentar:

  1. Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Mas, pada bidang lembaga pemerintah seperti yang telah anda sebutkan diperlukan beberapa keahlian tertentu yang harus ditonjolkan gak mas?
    Jikalau iya, bisa kah memberi saya sedikit masukan mengenai itu mas.. soalnya saya mahasiswa baru di program studi ini.. Terimakasih mas atas perhatiannya.
    Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

    BalasHapus
  2. Di ITS ada D3 Teknik Instrumentasi (dulunya prodi Teknik Fisika) sejak tahun 1995

    BalasHapus
  3. Di ITS ada D3 Teknik Instrumentasi (dulunya prodi Teknik Fisika) sejak tahun 1995

    BalasHapus

Text Widget

Copyright © Ilmu Pengetahuan | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com