Blog yang menjelaskan berbagai hal mengenai Ebook, Teknologi, Info Jurusan dan lain - lain dari berbagai sumber.

Sabtu, 21 Mei 2016

Kuliah Jurusan Ekonomi Pembangunan dan Prospek Kerjanya


Ekonomi Pembangunan

Assalamualaikum wr.wb         


  Mungkin sebagian pembaca telah familiar dengan Ekonomi Pembangunan, atau sedang mejalankan studynya dijurusan ini. Kata "ekonomi" sendiri berasal dari kata Yunani οἶκος (oikos) yang berarti "keluarga, rumah tangga" dan νόμος (nomos), atau "peraturan, aturan, hukum," dan secara garis besar diartikan sebagai "aturan rumah tangga" atau "manajemen rumah tangga." Sementara yang dimaksud dengan ahli ekonomi atau ekonom adalah orang menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja.

           Ilmu Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku individu dan masyarakat membuat pilihan (dengan atau tanpa uang) menggunakan sumber-sumber yang terbatas, dengan cara atau alternatif terbaik untuk menghasilkan barang dan jasa sebagai pemuas kebutuhan manusia yang (relatif) tidak terbatas. Ekonomi Pembangunan sendiri adalah sebuah ilmu dari bidang ilmu ekonomi yang mengkhususkan diri pada persoalan yang telah, sedang, atau akan yang terjadi pada pembangunan di negara-negara berkembang.

Secara umum dalam ekonomi, subyeknya  dapat dibagi dengan macam - macam cara, yang paling terkenal adalah mikroekonomi dan makroekonomi. Selain itu, subyek ekonomi juga bisa dibagi menjadi positif (deskriptif) dan normatif, mainstream dan heterodox, dan lain sebagainya.

Pembagian Ilmu Ekonomi

1. Ekonomi Terapan (Applied Economics)
Bagian dari ilmu ekonomi yang membahas penerapan teori ekonomi dalam menyelesaikan permasalahan ekonomi secara langsung dan aplikatif di masyarakat. Ekonomi terapan bersifat mempraktikkan atau menerapkan ekonomi teori untuk digunakan dalam pemecahan masalah ekonomi.

2. Ekonomi Deskriptif (Descriptive Economics)
Bagian dari ilmu ekonomi yang memaparkan secara apa adanya tentang kehidupan ekonomi suatu daerah/negara pada suatu masa tertentu. Contoh : Hasil produksi ikan di Flores Timur untuk tahun 2009, Ekonomi Indonesia menjelang PJP II

3. Ekonomi Teori (Economic Analysis)
Ilmu yang menganalisis tentang hubungan antara variabel-variabel ekonomi. Ekonomi teori dibagi atas ekonomi mikro dan ekonomi makro.
Contoh : Ekonomi Perusahaan, Ekonomi Pertanian, Ekonomi Koperasi

Ekonomi mikro
Merupakan cabang ilmu ekonomi yang terfokus bagaimana cara mempelajari bagian-bagian terkecil dari keseluruhan kegiatan perekonomian, dimana bagian terkecil disini adalah perseorangan. Analisis dalam teori ekonomi mikro antara lain meliputi perilaku antara produsen dan konsumen (pembeli) secara individu dalam pasar.
Ekonomi makro
Pengertian ilmu ekonomi makro adalah menelaah penentuan tingkat kegiatan ekonomi yang diukur dari pendapatan sehingga ekonomi makro sering disebut teori pendapatan (income theory).
Tujuan analisa ekonomi makro yakni membahas problematika sisi permintaan dalam menentukan tingkat kegiatan ekonomi dan seberapa pentingnya campur tangan dan kebijakan pemerintah dalam menciptakan prestasi ekonomi yang diinginkan.

Ilmu Ekonomi Pembangunan yang akan pembaca pelajari jika mengambil Jurusan Ekonomi Pembangunan:

Berikut sample mata kuliah yang akan dipelajari di jurusan Ekonomi Pembangunan yang berhasil didapat . . .
·         Hukum Komersial
·         Manejemen Keuangan
·         Pengantar Akuntansi
·         Pengantar Ekonomi
·         Pengantar Manajemen
·         Statistika
·         Matematika Ekonomi
·         Ekonomi Politik
·         Makroekonomi
·         Mikroekonomi
·         Ekonomi Internasional
·         Ekonomi Koperasi
·         Ekonomi Moneter
·         Ekonomi Pembangunan
·         Ekonomi Publik
·         Sejarah Pemikiran Ekonomi
·         Sistem Ekonomi
·         Ekonometrika
·         Ekonomi Pertanian
·         Ekonomi Regional
·         Ekonomi Industri
·         Ekonomi Lingkungan
·         Ekonomi Transportasi
·         Ekonomi Uang & Bank
·         Ekonomi Ketenagakerjaan
·         Manajemen Inventasi
·         Manajemen Perbankan
·         Pajak Daerah dan Retribusi
·         Pajak Penghasilan
·         PBB / BPHTB
·         Teknik Demografi
·         Perencanaan Pembangunan
·         Perekonomian Indonesia
·         Seminar

Prospek Kerja:

Lulusan program studi Ekonomi Pembangunan FEB Unpad memiliki prospek kerja ekonomi pembangunan di berbagai instansi pemerintahan dan lembaga negara (BPK, Bappenas), Bank Indonesia, Perguruan Tinggi, Lembaga Penelitian, sebagai perencana pertama, asisten peneliti, asisten analis kebijakan, ekonom pendidik (mengajar ilmu ekonomi sebagai guru atau asisten dosen), analis data, analis pasar, analis bisnis dan keuangan, pengusaha, serta profesi lain yang relevan dengan bidang pengetahuan dan keahlian ilmu ekonomi seperti ekonomi syariah, ekonomi lingkungan, ekonomi kesehatan, dan ekonomi kependudukan.

Dengan demikian sumber daya insani Jurusan Ekonomi Pembangunan tersebut mampu bekerja di organisasi publik, swasta, atau Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) serta memiliki kemampuan untuk melanjutkan studi Ilmu Ekonomi dan/atau lainnya ke strata yang lebih tinggi. Lulusan prodi ini juga dapat bekerja di sektor swasta dan BUMN, terutama perbankan dan sektor keuangan lainnya.
Program Studi Ekonomi Pembangunan sangat berperan bagi pembuat keputusan atau kebijakan dalam sebuah perusahaan swasta, instansi pemerintah, BUMN, maupun dunia perbankan.

Pembaca yang masuk program studi Ekonomi Pembangunan akan diberikan pengetahuan mendalam mengenai sumber daya manusia dan kelembagaan, ekonomi bisnis, ekonomi moneter dan internasional, serta  perencanaan pembangunan. Program Studi S1  Ekonomi Pembangunan didesain untuk menghasilkan lulusan yang bisa beradaptasi di lingkungan kerja yang dinamis baik di sektor swasta maupun sektor publik.

Sekian artikel saya mengenai Kuliah Jurusan Ekonomi Pembangunan dan Prospek kerjanya. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca, dan menambah refrensi pengetahuan pembaca. Terus kunjungi  Karyamud untuk artikel - artikel lainnya.

Wassalamualaikum wr.wb

2 komentar:

Text Widget

Copyright © Ilmu Pengetahuan | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com