Blog yang menjelaskan berbagai hal mengenai Ebook, Teknologi, Info Jurusan dan lain - lain dari berbagai sumber.

Jumat, 20 Mei 2016

Jurusan Teknik Industri dan Prospek Kerjanya : "Refrensi bagi Mahasiswa Baru"


 Teknik Industri


Assalamualaikum wr.wb

Yap, bagi kalian yang sedang duduk dibangku sekolah SMA, pasti akan akan dihadapkan pada suatu pilihan untuk melanjutkan kebangku perkuliahan (bagi yang mau). Mungkin sebagian dari pembaca sedang menncari - cari/ mendapatkan sebuah refrensi atau bahan bacaan yang relevan bagi pembaca. Diartikel kali ini saya ingin mengulas sebuah jurusan didunia perkuliahan, yaitu jurusan Teknik Industri beserta peluang kerjannya bagi pembaca sekalian yang telah menyelesaikan studynya di Jurusan Teknik Industri. 

Teknik Industri adalah salah satu jurusan di perguruan tinggi yang bisa dikatakan merupakan ilmu gabungan dari ilmu keteknikan dan ilmu sosial/manajemen karena dalam perkuliahan di jurusan teknik industri pembaca yang masuk kejurusan ini akan diajarkan bagaimana cara merancang, mengelola, serta menerapkan semua elemen-elemen seperti manusia, mesin, metode, material, lingkungan menjadi sebuah sistem dalam lingkup yang berkaitan dengan fungsi pabrik. Contohnya  penelitian operasional, penelitian dasar, rekayasa-rekayasa industri, pembuatan desain produk, perancangan sistem kerja, pengembangan sebuah produk baru, perawatan mesin, sistem produksi sampai pada kualitas hingga ke pelayanan purna jual terhadap sebuah produk tadi agar tercapai prosedur operasi/kerja sistem yang efektif dan efisien.


Selain mengutamakan kualitas dibidang akademik, program Teknik Industri juga terus mendorong para mahasiswanya untuk berprestasi dalam kancah nasional maupun internasional. Baru-baru ini kelompok mahasiswa Teknik Industri menjadi satu-satunya wakil dari Perguruan Tinggi di Indonesia yang lolos ke Fresh International Competition 2013. 

Selain itu, dari data yang saya dapat, para mahasiswa Teknik Industri juga aktif dalam beberapa kompetisi  seperti Challenge on Product Design and Ergonomic (CHRONICS), National Statistics Competition for Engineering Student (NSCE), Gemastik, Mechanical Fair, Industrial Engineering Competition (IECOM) dan Program Kreativitas Mahasiswa – Artikel Ilmiah (PKM-AI).


Ilmu Teknik Industri pada dasarnya dapat dibagi menjadi tiga bidang keahlian, yaitu:


1. Manajemen Industri. 
Manajemen industri merupakan bidang yang menggunakan pendekatan teknik industri dengan tujuan agar dapat menciptakan dan meningkatkan nilai sistem usaha melalui  fungsi serta proses manajemen yang bertumpu pada keunggulan sumber daya manusia untuk menghadapi lingkungan usaha/industri yang dinamis. Manajemen industri cenderung fokus ke arah permasalahan yang sifatnya makro dan strategis. Permasalahan yang dihadapi biasanya sudah tidak ada sangkut pautnya dengan masalah yang terjadi di sektor produksi (sistem produksi) maupun manajemen produksi ataupun industri, tetapi biasanya sudah beranjak ke permasalahan yang terjadi diluar dinding-dinding pabrik.

2. Bidang keahlian Sistem Industri dan Tekno-Ekonomi. 
Bidang keahlian Sistem Industri dan Tekno-Ekonomi menggunakankan pendekatan Teknik Industri dengan tujuan agar dapat meningkatkan daya saing sistem integral (tenaga kerja, bahan baku, energi, informasi, teknologi, serta infrastruktur) yang berhubungan dengan komunitas bisnis, masyarakat, serta pemerintah. 

3. Sistem Manufaktur. 
Sistem manufaktur merupakan suatu sistem yang menggunakan pendekatan teknik industri dengan tujuan agar dapat meningkatkan produktivitas, kualitas dan efisiensi sistem integral yang didalamnya terdiri dari manusia, mesin, material, energi, serta informasi melalui sebuah proses perencanaan, perancangan,  pengoperasian, pengelolaan, pemeliharaan, serta perbaikan dengan menjaga keselarasan aspek manusia dan juga lingkungan kerjanya.


Prospek Kerja

Untuk prospek kerjanya, bagi lulusan Teknik Industri terbuka sangat luas. Berikut beberapa bidang yang bisa pembaca tekuni setelah menyelesaikan studynya di Jurusan Teknik Industri.

1. Quality Control Division
Divisi pengendali mutu ini banyak diisi oleh orang Teknik Industri karena mereka berkompetensi dalam pengendalian sistem produksi suatu produk dari awal sampai akhir.

2. Purchasing Division
Purchasing Division adalah divisi yang bertugas untuk menyediakan material dengan cara membeli bahan-bahan mentah keperluan produksi sebuah perusahaan Industri dengan harga serendah mungkin tapi kualitas terbaik tetap diutamakan.

3. Production Division
Lulusan Teknik Industri dibekali dengan kemampuan penanganan produksi. Oleh karenanya, orang-orang lulusan Teknik Industri biasa bekerja di Divisi Produksi diberbagai perusahan Industri.

4. Engineering Division
Dalam jurusan Teknik Industri dipelajari juga pengetahuan tentang permesinan, sehingga bisa juga lulusannya untuk bekerja di divisi ini. Besar juga kemungkinan lulusan Teknik Industri bisa menjadi Engineering Manajer.

5. Entrepreneur
Semua orang memang mempunyai kesempatan untuk menjadi Entrepreneur, salah satunya lulusan teknik Industri sangat bisa jika dia ingin berwirausaha karena telah diajarkan bagaimana membuat/mengelola produk,mengelola keuangan dan juga memasarkannya.

6. Warehouse / PPIC Division
Divisi Gudang atau Product Planning Inventary Control adalah keahlian yang hanya di ajarkan di jurusan Teknik Industri, jadi sudah sangat pasti anak Teknik Industri satu-satunya ahli untuk bidang ini.

Sekian artikel saya kali ini semoga bermanfaat bagi setiap pembaca sekalian, dan jangan lupa untuk terus mengunjungi blog karyamud ini, untuk mendapatkan pengetahuan - pengetahuan lainnya.
Wassalamualaikum.wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar

Text Widget

Copyright © Ilmu Pengetahuan | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com