Blog yang menjelaskan berbagai hal mengenai Ebook, Teknologi, Info Jurusan dan lain - lain dari berbagai sumber.

Kamis, 02 Juni 2016

Kuliah Jurusan Desain Interior dan Prospek Kerjanya

Desain Interior

Assalamualaikum wr.wb

Hai pembaca, jumpa lagi dengan artikel saya kali ini. Sekarang saya sedang ingin sedikit mengupas sebuah jurusan yang ada didunia perkuliahan, yaitu Jurusan Desain Interior. Desain Interior adalah sebuah ilmu yang mempelajari perencanaan tata letak dan perancangan ruang dalam, di dalam sebuah bangunan. Keadaan fisiknya memenuhi kebutuhan dasar manusia akan naungan dan perlindungan, disamping itu sebuah desain interior juga mempengaruhi pandangan, suasana hati dan kepribadian sang penghuninya. Oleh karena itu tujuan dari perancangan interior adalah pengembangan fungsi, pengayaan estetis dan peningkatan psikologi ruang interior.

Dari pengertian di atas, dapat kita rumuskan bahwa desain interior merupakan seni dan ilmu untuk memahami kebiasaan manusia di dalam ruang dengan tujuan untuk menciptakan ruang yang fungsional didalam struktur bangunan yang dirancang oleh seorang arsitek.

Program studi Desain Interior


Program studi Desain Interior adalah salah satu bidang studi keilmuan yang diasarkan pada ilmu desain. Ada tiga hal utama yang jadi kajian pembaca dalam desain interior, yaitu ruang, alat dan manusia penggunanya. Jadi, pembaca nggak hanya sekadar asal-asalan dalam mendesain, tapi pembaca juga harus memerhatikan penggunanya. Karena, desain yang pembaca buat itu juga mempengaruhi emosional penggunanya dan berbuntut pada produktivitas kerja. Jadi desain  pembaca tidak boleh hanya terpaku pada nilai estetikanya saja tapi juga harus mengoptimalkan nilai fungsinya, dan buatlah senyaman mungkin untuk para pengguna jasa anda.

Materi Pengetahuan Yang Dipelajari di Jurusan Desain Interior


·         Praktik desain interior : programming, design process, presentasi dan komunikasi.

·         Pengetahuan seni : estetika, drawing, sejarah desain.

·         Pengetahuan pendukung : teknologi bangunan, material, fisika bangunan, lingkungan alam dan binaan, sosial, budaya, ekonomi.

·         Pengetahuan desain : elemen dan prinsip ruang, human factor in design, psikologi persepsi, psikologi lingkungan.

Tempat Kuliah Buat Jurusan Design Interior Yang Ada di Indonesia

  1. Institut Teknologi Bandung
  2. Sekolah Tinggi Seni Rupa Bandung
  3. Universitas Maranatha Bandung
  4. Institut Teknologi Nasional Bandung
  5. Institut Kesenian Jakarta Jakarta
  6. Universitas Trisakti Jakarta
  7. Universitas Tarumanagara Jakarta
  8. Universitas Pelita Harapan Jakarta
  9. Universitas Bina Nusantara Jakarta
  10. Universitas Sebelas Maret Surakarta Surakarta
  11. Institut Seni Indonesia Jogjakarta
  12. Universitas Petra Surabaya
  13. Universitas Ciputra Surabaya
  14. Universitas Udayana Denpasar
  15. Institut Seni Indonesia Bali
  16. Sekolah Tinggi Desain Indonesia Jakarta

Prospek Kerja Jurusan Desain Interior


Dari yang saya tau, gaji awal rata-rata untuk desainer interior di Inggris adalah £20,000 per tahun. Lowongan kerja untuk lulusan Desain Interior sangat luas. Pembaca yang lulus dari Jurusan Desain Interior juga bisa menjadi penulis di majalah interior. Dan banyak juga para lulusan yang ingin menambah pendapatan mereka dengan mengambil pekerjaan lepas (freelance).
Ada beragam perusahaan yang memperkerjakan para lulusan Desain Interior untuk bekerja sebagai marketing atau pun layanan pelanggan (customer service). Ini dikarenakan lulusan desain interior mempunyai pengetahuan mendalam mengenai bidang ini beserta produk-produknya, sehingga bisa berhadapan langsung dengan klien-klien yang membutuhkan jasa interior. Atau juga pembaca yang telah lulus dari studynya dijurusan Desain Interior ini dapat membuka usaha sendiri untuk menawarkan jasa pembaca kepada para pelanggan.
Demikianlah artikel saya kali ini, semoga bisa memberikan refrensi yang bermanfaat bagi pembaca sekalian dan terus kunjungi blog saya Karyamud untuk mendapatkan artikel - artikel lainnya.....
Wassalamualaikum wr.wb


0 komentar:

Posting Komentar

Text Widget

Copyright © Ilmu Pengetahuan | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com