Blog yang menjelaskan berbagai hal mengenai Ebook, Teknologi, Info Jurusan dan lain - lain dari berbagai sumber.

Jumat, 29 April 2016

Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota/Planologi


Assalamualaikum wr.wb

Perkenalkan ini masih orang yang sama yaitu penulis dari blog karyamud ini. Kali ini saya ingin menjabarkan sedikit pengetahuan mengenai sebuah jurusan, yaitu "Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota/Planologi." Menurut saya jurusan tersebut adalah jurusan yang mempelajari atau mencanangkan pembangunan wilayah suatu kota. Singkatnya adalah yang mengurus tata letak kota, jadi jika para pembaca sekalian ingin kuliah di Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota/Planologi. Pembaca tidak harus pintar mengambar, tetapi penting untuk memiliki imajinasi tinggi, daya analisis yang tinggi dan pembaca juga harus kreatif. Tapi kalo bisa nggambar, tentu saja jadi nilai plus
Perencanaan dalam PWK yang dimaksud di sini mencakup berbagai aspek. Bukan hanya fisik, tetapi sosial dan ekonomi.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Sebelum memutuskan universitas mana yang akan pembaca pilih, terlebih dahulu pelajarilah modul-modul yang ditawarkan. Apakah modul-modul tersebut sesuai dengan bidang yang ingin pembaca pelajari? Apakah modul-modul tersebut akan memberikan pembaca prospek kerja yang lebih baik? Selain itu carilah universitas dengan fasilitas yang baik dalam bidang penelitian, serta yang mempunyai jaringan kuat dengan industri terkait. Ini akan memudahkan pembaca karyamud untuk mencari pengalaman kerja di saat kuliah serta lebih menjamin masa depan karir para pembaca setelah tamat nanti.
pembaca juga harus selalu melihat persyaratan masuk universitas dan keuangan pembaca sendiri sebelum mengajukan aplikasi ke universitas pilihan para pembaca. Apakah pembaca memiliki nilai yang tepat untuk masuk? Kadang kompetisi antara para calon mahasiswa bisa saja sangat ketat. Semakin tinggi kualifikasi pembaca, semakin besar kemungkinan pembaca akan diterima di universitas pilihan pembaca. Kemudian, hal yang perlu dipertimbangkan juga adalah apakah biaya kuliah beserta biaya hidup bisa pembaca tangani? Jika pembaca masih berjuang untuk mengamankan pendanaan, ada sejumlah beasiswa yang bisa membantu pembaca sekalian yang ingin berkuliah dijurusan ini.
Bagi para pembaca sekalian yang ingin kuliah di Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota/Planologi bisa mempertimbangkan untuk masuk ke universitas berikut ini:

Perguruan tinggi di Indonesia yg ada jurusan planologi : 

1. Institut teknologi medan (itm) 

2. Univ. Bung hatta padang (ubh) 
3. Univ. Tarumanagara jakarta (untar) 
4. Univ. Trisakti jakarta (usakti) 
5. Univ. Krisnadwipayana (unkris) 
6. Univ. Indonusa esa unggul (unesa) 
7. Institut teknologi indonesia tangerang (iti) 
8. Univ. Pakuan bogor (unpak) 
9. Univ. Pasundan bandung (unpas) 
10. Univ. Islam bandung (unisba) 
11. Institut teknologi bandung (itb) 
12. Univ. Winayamukti (unwim) sumedang 
13. Unikom bandung 
14. Institut teknologi nasional bandung (ittenas) 
15. Univ. Negeri sebelas maret solo (uns) 
16. Univ. Diponegoro (undip) 
17. Univ. Gajah mada yogyakarta (ugm) 
18. Sekolah tinggi teknologi nasional yogyakarta (sttnas) 
19. Univ. Islam sultan agung semarang (unnisula) 
20. Univ. Brawijaya malang (unibraw) 
21. Institut teknologi nasional malang (itn) 
22. Institut teknologi sebelas maret surabaya (its) 
23. Univ. Sains dan teknologi jayapura (ustj) papua 
24. Univ. Hasanuddin makassar (unhas) 
25. Univ. 45 makassar 
26. Univ. Islam alauddin makassar (uin) 
27. Univ. Sam ratulangi (unsrat) manado


Para pembaca yang berencana untuk berkuliah dijurusan ini pembaca dituntut untuk memiliki bakat dan minat dalam Bidang Matematika, Ilmu Pengetahuan, Geologi, serta Sejarah Konstruksi, karena ini akan menjadi konten utama dari Jurusan Planologi. Dan para pembaca sekalian diharapkan untuk menghadiri kelas kuliah dan tutorial secara reguler, tetapi juga harus melakukan penelitian secara individual di waktu luang. 

PROSPEK KERJA

Ada berbagai kesempatan kerja yang dapat pembaca tekuni jika berniat untuk menyelesaikan belajar dijurusan planologi ini. Banyak para lulusan yang memilih untuk bekerja dalam karir yang meliputi laporan tertulis, kerja lapangan dan penelitian, atau bahkan bekerja sebagai konsultan dalam Industri Konstruksi.
Ada juga banyak organisasi amal milik pemerintah yang mencari lulusan dari Jurusan Planologi untuk bekerja dalam bidang jasa kepedulian sosial serta sektor perumahan dari pemerintah daerah.
Ada juga banyak kesempatan bagi para lulusan untuk mencari pekerjaan di sektor lain seperti Bisnis, Keuangan, Sumber Daya Manusia dan bahkan di sektor Hukum Kontrak dan Hukum Komersial.

PROSES PERKULIAHAN

Syarat bagi para pembaca untuk masuk di Program Sarjana Planologi adalah mempunyai nilai A di mata pelajaran Geografi. Sedangkan untuk Program Pascasarjana, Anda harus terlebih dahulu menamatkan Program Sarjana dengan predikat 2:1. Bagi pelajar asing, harus memiliki Sertifikat IELTS dengan nilai minimal 6.0.
Sebagai akibat dari perdebatan yang berkelanjutan di bidang perkembangan teknologi, Planologi menjadi jurusan dengan topik-topik yang menarik, yang selalu mengikuti perubahan zaman. Program Sarjana pada umumnya akan memakan waktu 3 tahun, sedangkan Program Pascasarjana pada umumnya akan memakan waktu selama 1 tahun.
Metode penilaian akan sangat tergantung pada universitas pilihan pembaca, tingkat studi dan modul pembaca sekalian. Kebanyakan modul akan meminta pembaca untuk menyelesaikan penilaian tertulis seperti ujian, esai atau laporan studi kasus. Demikian pula, pembaca juga akan diharapkan untuk secara aktif mengumpulkan dan menganalisa data untuk tujuan penelitian.
sekian artikel saya selaku penulis kali ini semoga membantu para pembaca sekalian untuk menjadi refrensi dan khazanah pengetahuan pembaca sekalian, data yang di artikel kali ini saya kelola dari berbagai sumber yang ada di internet.
Wassalamualaikum wr.wb

1 komentar:

  1. Ada beasiswa 100% untuk kamu yang minat kuliah di PWK/Planologi.
    Mari bergabung di jurusan Planologi/PWK Podomoro University, dosen-dosennya berpengalaman membuat perencanaan kota dan wilayah skala besar, merupakan praktisi yang bekerja di properti terkemuka. Kesempatan magang di perusahaan multinasional dan konsultan urban planning internasional, jaminan bersertifikat perencana Indonesia (IAP) dan sertifikasi perencana internasional.
    Saat ini PWK Podomoro University memberikan beasiswa 100% utk angkatan 2016/2017
    Silahkan kontak http://www.podomorouniversity.ac.id/program/urban-regional-planning-1

    BalasHapus

Text Widget

Copyright © Ilmu Pengetahuan | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com