Blog yang menjelaskan berbagai hal mengenai Ebook, Teknologi, Info Jurusan dan lain - lain dari berbagai sumber.

Minggu, 20 Maret 2016

Jurusan Klimatologi: Tempat Kuliah, Mata Kuliah (AMG), Prospek Kerja (STMKG)


 Jurusan Klimatologi


Assalamualaikum wr.wb

INGAT MENJAWAB SALAM HUKUMNYA WAJIB (SEKEDAR MENGINGATI) :)

Hai pembaca sekalian jumpa lagi dengan saya di blog saya kali ini, disini saya ingin membahas sebuah jurusan yang ada didunia perkuliahan, namanya jurusan klimatologi. Sebelum itu saya ingin mendefinisikan apa itu jurusan klimatologi, jurusan klimatologi adalah sebuah jurusan yang mempelajari kualitas udara dan keadaan iklim. Nah sekarang pembaca sudah mulai ada gambaran kan, jadi jurusan klimatologi mungkin erat juga kaitannya, jurusan Meteorologi, Jurusan Geofisika, Jurusan Teknik Meteorologi dan
Geofisika (Instrumentasi). Untuk sekedar pengertian dari jurusan - jurusan tadi, akan saya jelaskan dibawah dan untuk pembahasan lebih mendetailnya Insya Allah akan saya bahas diartikel - artikel yang akan datang.

1. Jurusan Meteorologi mengacu pada proses pembelajaran tentang cuaca, iklim, dan penerbangan.
2. Jurusan Geofisika mempelajari bumi,struktur bumi,tanah,batuan gempa, dan juga Tsunami.
3. Jurusan Teknik Meteorologi dan Geofisika (Instrumentasi) mempelajari mengenai  peralatan yang dipakai dalam bdang meteorologi,geofisika, dan klimatologi.Lebih banyak berkutat tentang alat, sistem kerja, maintenance, kalibrasi, dan rekayasa.

Tempat Kuliah


Kalau kuliahnya mungkin para pembaca yang ingin masuk jurusan ini akan ditempatakan di AMG (AKADEMI METEOROLOGI DAN GEOFISIKA). Bagaiman di AMG itu? tenang di AMG menawarkan beberapa kelebihan.

Mata Kuliah

Sedangkan untuk mata kuliahnya para pembaca yang ingin kuliah dijurusan ini akan mempelajari:

  • Kenapa harus AMG?

  1. STMKG ikatan dinas 100%, Kuliah dan semua fasilitas perkuliahan GRATIS
  1. Buat kalian yg berasal dr keluarga kurang mampu, maka masuk STMKG adalah pilihan paling tepat
  1. STMKG, selain kuliah gratis, di tahun pertama dapat uang saku 550 rb
  1. Tahun kedua sudah diangkat menjadi CPNS dan punya gaji sendiri + tunjangan2 lainnya
  1. BMKG sekarang merupakan INSTANSI yang dibutuhkan dan sudah reformasi birokrasi sehingga ada tunjangan kinerja (remunerasi) yang diberikan kepada seluruh pegawai. Untuk yg baru diangkat CPNS di tahun kedua saja, bisa berpenghasilan lebih dari 4 juta per bulan
  1. Kuliah di STMKG itu asyik. Banyak fenomena alam dan bencana yg menarik utk dikaji. Dosen2 STMKG jg banyak pakar sehingga sering muncul di koran2 dan televisi
  1. Selain itu BMKG banyak memberikan beasiswa kepada pegawainya, baik di dalam maupun di luar negeri. Lihat saja betapa banyaknya sekarang lulusan AMG yang sudah doktor (S3) baik di luar negeri maupun di dalam negeri
  1. STMKG mulai tahun 2013 sudah D4(setara dengan S1) jadi nanti kita mendapat gelar SST (Sarjana Sains Terapan) dan tamat sebagai PNS bergolongan 3a

  • Prospek kerja STMKG?

  1. STMKG itu berikatan dinas langsung dengan BMKG(Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) yang ibaratnya BMKG itu bapaknya dan AMG anaknya, jadi otomatis kalok si bapak punya perusahaan, yang pengen dipekerjakan di perusahaannya itu pasti anaknya dulu kan? hehe, begitu juga dengan BMKG, kita lulusan AMG akan diutamakan untuk bekerja di BMKG daripada lulusan2 lain di jurusan yang sama dari perguruan tinggi negeri
  1. Seperti yang sudah aku jelasin diatas, prospek STMKG sangat cerah, di tahun kedua aja kita uda PKL dan diangkat jadi CPNS dengan gaji yang jumlahnya cukup lumayan untuk ukuran anak kuliahan :) Bayangkan, di PTK atau PTN mana lagi kita kuliah aja uda digaji? Di tahun ketiga kita lanjut kuliah semester 3 sampai selesai di semester 8. Begitu tamat kita langsung ditempatkan yang biasanya sama dengan penempatan kita waktu PKL
  1. Setelah PKL beberapa bulan kita akan dipanggil lagi untuk prajabatan (yang aku tau sih biasanya di Bogor). Saat prajabatan, tiket sudah dibayarkan pihak kampus, hotel/penginapan disediakan gratis dll.
  1. Nah setelah prajabatan, kita lanjut PKL lagi selama beberapa bulan lagi dan selanjutnya akan berstatus PNS, habis PKL lanjut kuliah semester 3 sampai semester 8.


Prospek Kerja


Prospek kerja dari seorang klimatologis juga cukup besar. Dengan masuk STMKG saja pembaca bisa menjadi seorang pegawai negeri sipil pada tahun kedua kamu belajar di kampus ini. Selain itu, untuk penempatan, Klimatologi merupakan jurusan yang paling enak dalam penempatannya. Selain karena faktor 21 Stasiun Klimatologi yang ada di Indonesia sekarang ini berada pada kota – kota besar (bukan wilayah terpencil apalagi terpelosok), lulusan dari jurusan Klimatologi setiap tahunnya tidak lebih dari 50 orang sehingga peluang kerja sangat terbuka lebar disini.Untuk prospek kerjanya sendiri Taruna lulusan spesialis Klimatologi akan ditempatkan di stasiun-stasiun BMKG yang ada di setiap daerah di Indonesia.Jadi lulusan Klimatologi dijamin 100% akan menjadi PNS karena tarunanya yang sedikit sementara kebutuhan ahli di bidang Klimatologi selalu kurang.


Mata Kuliah untuk Klimatologi yang pertama mata kuliah umum untuk STMKG seperti Fisika,Statistika,Kimia tetapi ditunjang dengan materi analis cuaca,iklim dan musim,meteorologi pertanian,citra satelit dan radar prairaan iklim dan musim.
Standar Kompetensi Jurusan Klimatologi:
Setelah 1 (satu) tahun mengikuti pendidikan, Taruna STMKG memiliki kompetensi sesuai dengan jurusannya, yaitu : Mampu melaksanakan pengamatan dan pengumpulan data iklim dan kualitas udara.
Setelah menyelesaikan pendidikan selama 4 (empat) tahun, Taruna STMKG memiliki kompetensi sesuai dengan jurusannya, yaitu : Mampu melaksanakan kegiatan analisa dan pengolahan data serta pelayanan jasa iklim dan kualitas udara.

Dari yang saya tau Jurusan Klimatologi merupakan jurusan yang baru di Indonesia, dan menyenangkan.Contohnya saja para lulusan klimatologi memiliki banyak manfaat untuk orang banyak seperti dalam bidang agraris, seorang klimatologis sangat dibutuhkan dalam penentuan bulan tanam dan bulan panen untuk menghindari gagal panen yang nantinya akan mempengaruhi stabilitas negara. Belum lagi tugas klimatologis sebagai pemberi peringatan pertama pada terjadinya dampak cuaca ekstrim atau fenomena iklim global seperti El Nino. Menjadi seorang klimatologis merupakan suatu hal yang menyenangkan. Selain sejak kuliah santai (dibandingkan dengan jurusan Meteorologi, Geofisika apalagi Instrumentasi MKG) saat kerja pun kalian juga santai. Para pembaca hanya melakukan pengamatan selama 3 jam atau 6 jam sekali dalam jam kerja 12 jam, berbeda dengan jurusan lain yang harus pengamatan 24 jam penuh dan setiap jam harus dilaporkan. 

Sekian artikel saya kali ini semoga bermanfaat data yang ada diartikel ini berasal dari tulisan saya sendiri dan dari internet, salam hangat untuk para pembaca dan jangan lupa tinggalkan komen untuk hal yang ingin ditanyakan.

Wassalamualaikum wr.wb.

9 komentar:

  1. asalamulaikum.wr.wb.
    di stmkg ada asrama nya gak kak???

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum.. ini kuliah di stmkg khusus buat program ipa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lihat di persyaratan pendaftaran memang kalau sma harus ipa sedangkan smk harus di jurusan tertentu

      Hapus
    2. Lihat di persyaratan pendaftaran memang kalau sma harus ipa sedangkan smk harus di jurusan tertentu

      Hapus
  3. Assalamualaikum.. ini kuliah di stmkg khusus buat program ipa?

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  6. assalamualaikum, kak tau urutan jumlah peminat antara jurusan meteorologi, klimatologi dan geofisika ga lebih banyak yang mana dan yang mana yang lebih sedikit??

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Text Widget

Copyright © Ilmu Pengetahuan | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com